Jelang Porprov, KONI Kabupaten Bengkayang Siapkan 207 Atlit

 
Fhoto : Mardiansyah Herman, Ketua KONI Kabupaten Bengkayang (Rinto/Borneotribun)

Borneotribun Bengkayang, Kalbar - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar XIII pada 19-26 November 2022 di Pontianak. Dengan demikian, Ketua KONI Kabupaten Bengkayang Mardiansyah Herman, S.Pd siap mengirimkan 267 Atlet pada Porprov XIII Tahun 2022.

"Kesiapan KONI sudah berkoordinasi dengan Pemda melalui Dispora selaku pembina koni. KONI sudah dua kali mengadakan rakor bersama cabang olahraga (Cabor)," Kata Herman, Sabtu (13/08/2022).

KONI melaksanakan rapat pertama pada 2 Februari 2022 lalu, kemudian  bersama dengan Cabor Kuota atlit, selanjutnya rapat pada Juli 2022 dimana pada pembahasan tersebut, bersama Bupati dan cabor untuk penentuan pengurus KONI dan cabor se-kabupaten Bengkayang.

Setelah itu dilakukan seleksi atlit dalam persiapan Porprov, menginput data dan cabor menyampaikan data atlit ke tim IT kONI kabupaten Bengkayang secara  online ke Provinsi Kalbar.

Adapun jumlah cabor yang ada sebanyak 36 dan di Kabupaten Bengkayang ada 26 cabor, namun 2 cabor pada tahun 2022 tak di urus yaitu cabor tarung drajat dan cabor Percasi sebab tidak terbit dari pengprov.

Dari 36 cabor setelah diverifikasi kuota atlit dipimpin ketua pembinaan prestasi KONI Kabupaten Bengkayang, kita mendapatkan 26 cabor yang siap untuk mengikut porprov. 

"Tentunya pada Porprov nanti beberapa Cabor unggulan kita, pada Porprov tahun 2018 lalu kita mengandalkan 10 cabor berpotensi menggali mendali seperti cabor  atletik, aeromodeling, biliar, Wushu, selam, tinju, grasstrack, badminton, silat dan panjat tebing," Jelas Herman.

Herman juga menyebutkan mulai 2019, perkembangan  pembinaan cabor meningkat, kemudian cabor berpotensi meraih medali seperti  karate, kick boxing, futsal, PSSI, Volley, E-Sport, Hoky, renang, basket, Percasi, takraw, gulat, binaraga, angkat berat, arung jeram, sepeda, triatlon, tenis meja dan dayung.

Dari 26 Cabor yang akan dikirim pada porprov, jumlah atlit 207, pelatih asisten official 40, dan panitia 20 dengan total 267 orang.

Terkait anggaran memang  yang selalu menjadi perhatian utama, pada tahun 2022 ini KONI mendapat hibah dari Pemkab Bengkayang melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sebesar Rp. 1 miliar.

"Dari anggaran yang ada ini, KONI akan pergunakan sebaik mungkin dengan maksimal serta siap bertanding," Ucapnya.

KONI berharap pada bulan September setiap Cabor sudah melakukan latihan mandiri di masing-masing cabor dan kami berharap cabor secara maksimal menyiapkan para atletnya sehingga bisa meraih medali dan berprestasi untuk kabupaten Bengkayang. 

"Pada Porprov 2022 kali ini, mudah-mudahan Kabupaten Bengkayang bisa masuk 8 besar dari sebelumnya masuk 10 besar dari 14 kabupaten-kota," Harap Mardiansyah Herman.


Reporter : Rinto Andreas
Editor      : R. Hermanto 
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini