Abaikan Transparansi Publik, Proyek Jembatan Keranji Tanpa Plang


Fhoto : Proses pengerjaan Jembatan Keranji, Bengkayang (Rinto/Tim/Borneotribun)

Borneotribun Bengkayang, Kalbar - Pekerjaan proyek pembangunan jembatan keranji di Desa Karya Bhakti, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang menjadi sorotan warga.

Pasalnya, pekerjaan proyek yang baru berjalan tersebut tanpa menggunakan papan plang proyek, dari sisi safety juga mengabaikan pentingnya penggunaan alat pelindung diri (APD), tidak mematuhi prosedur keselamatan, dan kurang peduli pada keamanan.

Menurutnya salah satu warga yang Yupendri yang hampir setiap harinya melintas jembatan tersebut ketika diwawancarai oleh awak media ini, menurutnya sangat disayangkan,dengan tidak terpasangnya plang papan nama pada proyek jembatan keranji tersebut tentunya hal ini bertentangan dengan Perpres. 

Tapi juga tidak sesuai dengan semangat transparansi yang dituangkan Pemerintah dalam Undang-undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Transparansi mutlak dilakukan. Semua berhak tahu, dana yang digunakankan milik masyarakat juga," Katanya, Senin (15/08/2022).

Selanjutnya, ditempat yang berbeda awak media ini menghubungi Camat Sungai Betung Agustinus C mengatakan masih ada kegiatan di luar kantor, berkaitan dengan pekerjaan jembatan saran langsung saja ketemu pihak pelaksana.

"Sebaiknya langsung ketemu pihak pelaksana aja,  TKS mat siang," Tulis Agustinus C dalam pesan singkatnya.

Pekerjaan Proyek jembatan keranji ini anggaran bukan dari kantong pribadi, melainkan di bangun dengan menggunakan uang Rakyat dan Pemerintah seharusnya mengingatkan setiap pelaksana untuk memasang papan proyek di lokasi, kalau tidak digubris sebaiknya diberi sanksi.


Reporter : Rinto Andreas/Tim
Editor      : R. Hermanto 
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini