SPN Prioritas Putra Daerah Bengkayang, Bupati Bengkayang Sebut Perlu Koordinasi


Kunjungan Wakapolda Ke SPN Bengkayang

BorneoTribun Bengkayang, Kalbar Wakapolda Kalbar, Brigjend (Pol). Asep Safrudin, S.IK.,MH melakukan kunjungan kerja di Bengkayang menggunakan helikopter, Rabu (1/9) siang.

Kedatangan Wakapolda disambut Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang serta Asisten I.

Wakapolda didampingi Karorena Polda Kalbar Kombes (Pol) Deni Hermana, S.I.K., M.Si. Karolog Polda Kalbar Kombes (Pol) Gamal Sudarto, S.H., M.H. Plt. Kabag Kerma Roops Polda Kalbar, Kompol. Albert Manurung, S.H, Kapolres Bengkayang dan jajaran.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda secara khusus menyampaikan perkembangan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar di Kota Singkawang. Saat ini, proses pembangunan gedung SPN hampir rampung. Khususnya gedung yang dibiayai melalui dana hibah Pemda Bengkayang termasuk yang paling cepat selesai dikerjakan. Ada 3 unit bangunan yang dimaksud, yakni Mess, Ruang Kelas dan Rumah Dinas.

Wakapolda mengungkapkan, dari data dan pengalamannya, SPN Polda Kalbar termasuk yang paling bagus dan memiliki lahan yang cukup luas, sangat menunjang pendidikan. Namun demikian, masih ada beberapa fasilitas sarana penunjang lainnya yang belum dapat dibangun karena keterbatasan dana. Oleh karena itu, Wakapolda akan memaparkan hal tersebut kepada Mabes Polri agar kelanjutan pembangunan mendapat bantuan dari dana APBN serta menawarkan kepada 14 Pemkab/Pemkot untuk memberikan bantuan berupa hibah.

Selain perkembangan SPN, Wakapolda memberikan angin segar kepada seluruh Pemda yang ada di Kalbar, termasuk Bengkayang. Dimana saat ini Polri (Polda Kalbar) memiliki program perekrutan khusus bagi putra daerah yang ingin menjadi Polisi.

"Jatahnya (kuotanya) 25 orang setiap Daerah (Polres). Jika Polres Bengkayang dan Bupati menginginkan prioritas, Pemda bisa memberikan hibah bagi 25 orang tersebut," Sebut Wakapolda.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis SE., MM pada kesempatan itu memaparkan potensi dan kondisi geografis yang dimiliki Bengkayang terkait keamanan daerah, terkhusus didaerah Perbatasan. Perkembangan penanganan Covid-19, dimana saat ini Bengkayang masih berada di zona orange.

"Saya juga sangat tertarik dengan program Polda Kalbar terkait perekrutan putra daerah," ungkap Bupati.

Namun, hal itu tidak dapat diputuskan sendiri dan perlu komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk DPRD Bengkayang, karena menyangkut anggaran yang akan digunakan. 


Reporter : Rinto Andreas
Editor      : Hermanto
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini