-->
Pontianak Melawi Sanggau Sekadau Ketapang Bengkayang Landak Kubu Raya Kapuas Hulu Sintang Sambas
Publisher
Sabtu, Mei 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-16T20:08:19Z
BengkayangBerita DaerahJembatan Sebawak-Sungai BetungKalbarPembangunan

Jembatan Sebawak-Sungai Betung Miring, Perlu Perhatian Serius Instansi Terkait


Jembatan Sidek Desa Suka Bangun

Borneotribun Bengkayang, Kalbar -- Jembatan Gantung yang berada tepat di Desa suka bangun,kecamatan sungai betung saat ini kondisinya sudah tidak layak dan juga tidak memenuhi unsur keamanan bagi pengguna jembatan terutama roda dua,dimana jembatan ini juga merupakan Akses utama masyarakat untuk menuju Kantor Desa Suka Bangun. Jembatan yang tepat berada di depan Kantor Desa tersebut  sudah miring. 

Saat dikonfirmasi, kepala Desa Suka Bangun Kasius menyebutkan kondisi Jembatan Sidek tersebut memang menjadi sebuah masalah Urgen.

"Jembatan ini merupakan penghubung menuju Kantor Desa dan merupakan akses RT 01 Sidek dan RT 06 sebawak serta merupakan jalan poros warga antar dusun menuju ke kecamatan sungai Betung. Kita berharap kedepannya kapasitas jembatan di perbaiki dan dimaksimalkan, sebab ini menjadi mobilitas jasa dan barang, anak anak pergi ke sekolah serta masyarakat menuju ke lahan pertanian dan  pengangkutan hasil dari pertanian akan menjadi suatu masalah," Ujarnya.

Dikatakannya, kecelakaan juga sering terjadi akibat jembatan licin pada saat turun hujan dan pihak Desa juga sudah sering mendapat pengaduan dari masyarakat.

"Sudah kami sampaikan saat Musrembang dan hampir setiap tahun kita sampaikan, sebab itu bukan menjadi kewenangan Desa namun merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Kondisi jembatan ini sejak mulai di rehab sekitar empat tahun yang lalu tidak merubah fisik dari jembatan dan tetap di bangun jembatan gantung," Bebernya. 

Ditegaskannya juga, Seharusnya bukan lagi jembatan gantung dan harusnya jembatan besi.

"Satu-satunya kantor desa yang ada di Kecamatan Sungai Betung yang tidak bisa di lewati oleh Roda empat ya kantor Desa Suka Bangun karena Masalah Jembatan tadi," Tandas Kasius Kepala Desa Suka Bangun. 

Ketika awak media mewawancarai salah satu warga yang namanya tidak ingin disebutkan saat melintas mengatakan  jembatan gantung tersebut sudah terlalu lama dengan kondisinya yang memprihatinkan.

"Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten untuk menganggarkan Pembangunan Jembatan gantung ini dan jangan hanya dijadikan tontonan belaka," Harapnya.

Lanjutnya, Kepada Instansi Terkait untuk bisalah terjun langsung kelapangan dimana jarak tempuh dari Kabupaten ke Desa Sungai Betung tidak terlalu jauh, guna melihat situasi kondisi Jembatan gantung yang saat ini sudah tidak layak dan tidak memenuhi standard keamanan jembatan.

"Jangan menunggu adanya Korban kembali baru akan dibangun," Tandasnya. ( RA/IJ )

iklan

Iklan

X

LOKASI MENU1

LOKASI MENU1


LOKASI MENU2

LOKASI MENU2.


LOKASI MENU3

LOKASI MENU3.


Iklan

Iklan