Miris, Dibangun Miliaran Rupiah Gedung Pabrik Karet Di Desa Beringin Baru Tidak Berfungsi Hingga Terbengkalai

Anggota BPD Desa Beringin Baru Andoysius didampingi anggota Linmas.


Bengkayang, Kalbar - Proyek Pembangunan Gedung Pabrik Karet di Desa Beringin Baru yang dibangun dengan anggaran Miliaran Rupiah tahun 2014 silam terbengkalai dan terkesan horor.

Pantauan di lapangan, tampak bangunan pabrik tersebut banyak ditumbuhi semak-semak belukar dan terbengkalai tanpa ada aktivitas. 

Anggota BPD Desa Beringin Baru Andoysius saat di wawancarai langsung oleh awak media di TKP mempertanyakan terkait Eks Gedung Pabrik Karet yang terletak di Dusun Marga Mulya tersebut.

"Kami selaku warga desa beringin baru ingin mempertanyakan terkait eks Gedung Pabrik Karet yang letaknya di Dusun Marga Mulya ini, sampai saat ini gedung tidak ada pemanfaatannya. Siapa yang bertanggung jawab karena sebenarnya harus sesuai dengan peruntukannya," Ucap Andoysius, Kamis (9/3/2023) saat meninjau lokasi pabrik.


Andoysius menyebutkan, jika memang tidak difungsikan lagi, alangkah baiknya dihibahkan ke pemerintah desa yang nantinya bisa difungsikan dan digunakan untuk menunjang perekonomian di desa.

"Bisa saja diarahkan ke penyelenggara BUMDES untuk dimanfaatkan sebagai GOR dan tempat-tempat umum lainnya," Kata Andoysius.

Sejak berdirinya pada 2014 silam, sampai sekarang belum ada dari Dinas terkait datang ke desa menyatakan bahwa gedung ini untuk apa.

"Belum ada sama sekali penyampaian yang sebenarnya, bahkan dari Dinas terkait untuk mengkonfirmasi," Pungkas Andoysius.


Ditempat yang sama, awak media juga mewawancarai salah satu Anggota Linmas Desa Beringin Baru yang mengungkapkan hal yang senada dimana Gedung Pabrik ini fakum sudah terlalu lama. Menurutnya, alangkah baik jika gedung tersebut diarahkan ke Desa dan bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Gedung Pabrik Karet ini terakhir beraktivitas pada tahun 2014 dulu, pernah beroperasi sebentar itupun hanya untuk uji coba. Itu yang terakhir bahkan untuk Mesinnya tidak ada sama sekali Gedung ini sampai sekarang dalam kondisi kosong," Ujarnya.

"Harapan kami warga desa beringin baru gedung ini diserahkan ke pemerintah desa biar bisa dikelola dengan baik sesuai dengan peruntukannya," Harapnya.

Oleh : Rinto Andreas
Editor : R. Hermanto 

Berita ini telah ditayangkan di Media Borneo dengan Judul Miris, Dibangun Miliaran Rupiah Gedung Pabrik Karet Di Desa Beringin Baru Tidak Berfungsi Hingga Terbengkalai, Link: https://www.borneotribun.com/2023/03/miris-dibangun-miliaran-rupiahgedung.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini