TAGLINE: #PemkabBengkayang #SebastianusDarwis #Kriminal
Pontianak Sanggau Ketapang Sekadau Melawi #Bengkayang Landak Sintang Kapuas Hulu Singkawang Kubu Raya Kayong Utara Sambas

Kasus Stanting di Kecamatan Lembah Bawang Tinggi, Ini Kata Ketua PKK Bengkayang

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis,S.Sos bersama Ibu Ketua PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis melaksanakan kunjungan kerja dikecamatan lembah bawang
Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis,S.Sos bersama Ibu Ketua PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis melaksanakan kunjungan kerja dikecamatan lembah bawang.

BorneoTribun Bengkayang, Kalbar - Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis,S.Sos bersama Ibu Ketua PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis melaksanakan kunjungan kerja dikecamatan lembah bawang, kabupaten bengkayang, Kalbar Senin (31/1/2022).

Ketua PKK Kabupaten Bengkayang Pokja 4 tentang kesehatan, kami disini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten bengkayang untuk memberi makanan tambahan kepada anak-anak kita yang dikategorikan masih sedikit berkurang.

Ketua PKK Kabupaten Bengkayang Anita Darwis mengatakan, adapun data Stanting karna target dimana hasil dari Rakernas PKK dari Pusat, Propinsi, serta kabupaten yaitu tentang Stanting,dan Stanting itu sendiri bukan hanya bukan hanya isu untuk dikabupaten maupun dikecamatan, Tetapi isu Stanting adalah isu Nasional. "Kita berantas bersama-sama," ucap Ketua PKK Anita Darwis.

Menurut Anita Darwis, per 31 Desember hasil rapat di BAPPEDA, kasus Stanting dikecamatan lembah bawang ini kasus yang tertinggi di kabupaten bengkayang.

"Memang kita secara keseluruhan se-Kalbar dikatakan kita masih bagus,boleh dikategorikan 27% dibanding dengan daerah kabupaten-kabupaten lain,kabupaten sambas kasus stanting yang paling tinggi,setelah itu disusul kabupaten kapuas hulu,dan kabupaten melawi,kita mungkin urutan ke 8 atau 10," kata Anita.

Ketua PKK kabupaten bengkayang Anita Darwis juga mengatakan untuk kasus Stanting perkabupaten,kasus Stanting dikecamatan lembah bawang yang pertama dan yang paling tinggi, jadi ini adalah salah satu cara kita untuk menurunkan Stanting target pemerintah yaitu sekitar 14%, sementara kita sudah di angka 27% masih jauh harus kita kejar.

Sementara yang bulan per 31 desember ini sesuai data kemaren, yang paling tinggi adalah godang damar,nanti kita akan minta bantu PKK kecamatan lembah bawang,untuk lebih fokus ke Stanting, Karna ini juga merupakan program kerja kita yang kedua selain dari pada Covid-19 ini jadi yang kedua adalah stanting dan yang ketiga adalah perekonomian keluarga.

Terlebih lagi, kata Anita, ada tiga program kerja dari hasil Rakernas itu yang harus dijaga bersama-sama, baik dikabupaten maupun dikecamatan dan desa.

"Disini ada godang damar, Kinande dan dari data yang ada Kinande adalah salah satunya yang banyak, yang ke tiga adalah desa janyat juga termasuk banyak. desa lembah bawang dan sakataru kalau di papan nuduk dan papan tembawang juga desa tempapan ini kalau dikategorikan sangat pendek itu tidak ada, tetapi dia yang pendek lumayan ada 8, jadi ini yang harus kita kejar sama-sama,dan yang saya sampaikan tadi bahwa ini adalah program kerja diPKK kabupaten bengkayang," pungkas Anita.

"Jadi nanti silakan bu camat dan juga koordinasi dengan desa,untuk data yang sekarang kan sudah jelas,jadi kerja keras dikit untuk ibu camatnya,karena desa-desa kita harus menurunkan kasus Stanting ini diupayakan bekerjasama dengan pihak puskesmas,dan  posyandu, data-data kita disini yang sangat lemah kadang didesa kita tidak ada yang pindah dan membawa anak,yang gizi buruk nah itu tetap masuk ke kita ini nanti urusannya pak Kapus dan bu kadis karna data seperti itu," kata Anita.

"Pada waktu kami ada rapat di provinsi ada kasus yang seperti itu didesa mereka terdaftar tidak ada yang kena Gizi buruk,tetapi di data ada rupa satu keluarga itu baru saja pindah berdomisili disitu tetap terdaftar disitu",Tutup Anita Darwis Ketua PPK," cerita Anita.

Reporter: Rinto Andreas

Tinggalkan Komentar

Back Next
close