Pekerjaan Normalisasi Sungai Sebadas Dinas PUPR Bidang Sumber Air Bengkayang Diduga Dikerjakan Asal Jadi

Proyek pengerjaan Normalisasi atau Restorasi Sungai Sebadas.
Bengkayang, Kalbar - Proyek pengerjaan Normalisasi atau Restorasi Sungai Sebadas yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Bengkayang T.A 2022 di Dusun Sebadas, Desa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat yang baru selesai dikerjakan oleh rekanan hingga kini masih menjadi sorotan warga karena diduga asal jadi. 

Berdasarkan hasil pantauan awak media ini dilapangan, Minggu , (08/01/2023) proyek Normalisasi sungai sebadas sepertinya dikerjakan asal jadi dan pengerukan sungai Sebadas juga asal-asalan tidak ada asas manfaatnya.

Diketahui juga bahwa pekerjaan tersebut dibawah naungan langsung dinas PUPR Kabupaten Bengkayang dikerjakan oleh CV AYWA KONTRUKSI dengan nomor kontrak PU.03.00/59/DPUPR-SDA, Tinggal Kontrak 07/12/2022, dengan nilai kontrak Rp.170.466.000.OO, waktu pelaksanaan 25 Hari Kalender, sumber dana DAU, Konsultan Pengawas CV MITRA JAYA UTAMA.

Yupendri salah satu warga masyarakat Kecamatan Sungai Betung ketika diwawancarai oleh awak media ini secara tegas mengatakan proyek Normalisasi sungai sebadas ini tidak ada asas manfaatnya sama sekali.

"Pembuangan dana percuma-cuma, mohon kepada aparat penegak hukum kalau bisa pihak kontraktornya ini harus diperiksa. Proyek Normalisasi ini juga tidak ada asas manfaatnya apalagi ini sungai kecil dibesarkan sampai ke gunung," Ucap Yupen.

"Proyek Normalisasi Sungai Sebadas ini dikelola dengan dana DAU melalui anggaran seratus lebih juta tentunya anggaran yang tidak sedikit menurut saya ini sudah sangat luar biasa untuk sekelas proyek normalisasi dan tampak juga ada tebing sungai yang longsor," Yipen menambahkan.

Ditempat yang sama Anggota Laskar Anti Korupsi (LAKI) Ketua Bidang Investigasi Dan Verifikasi DPC Kabupaten Bengkayang, Albert Hidayat mengungkapkan dengan tegas kepada awak media ini dimana penempatannya kurang tepat seharusnya dibuat drainase karena diatasnya ada lahan sawah warga. 

"Proyek Normalisasi sungai sebadas ini anggarannya cukup besar, pada dasarnya tidak ada asas manfaatnya," Ucap Albert.

Masih seumur jagung proyek Normalisasi sungai sebadas tebing sungai mengalami longsor dan terlibat cara kerjanya juga asal-asalan tidak melihat speck kerja.

"Harapan saya kedepannya kepada pihak pemerintah kabupaten bengkayang khususnya Dinas terkait untuk segera turun kelapangan, cek situasi dan kondisi proyek pekerjaan Normalisasi sungai sebadas ini yang berada di Desa Suka Bangun, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang,"  Tukas Albert.


Oleh : Rinto Andreas/Injil
Editor : R. Hermanto 

Berita ini telah ditayangkan di Media Borneo dengan Judul Pekerjaan Normalisasi Sungai Sebadas Dinas PUPR Bidang Sumber Air Bengkayang Diduga Dikerjakan Asal Jadi, Link: https://www.borneotribun.com/2023/01/pekerjaan-normalisasi-sungai-sebadas.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini